Focus Group Discussion yang dapat dimengerti sebagai strategi pembahasan melalui pembagian kelompok. Teknik berikut umum digunakan dalam lembaga akademik maupun perusahaan. Kegiatan diskusi pada FGD adalah berdasarkan topik tertentu yang spesifik sehingga lingkup pembahasan bisa terfokus pada subjek terkait.

Pada Rabu, 8 Maret 2023, Program Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion dengan bertemakan “KENAIKAN JABATAN AKADEMIK PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM”.

Mengundang Dosen pengajar di lingkup Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor, kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. H. Abad Badruzzaman, Lc., M.Ag dari UIN Tulungagung sebagai narasumber.

Beliau memaparkan beberapa hal diantaranya jabatan fungsional/akademik, tujuan kenaikan jabatan, langkah dalam memulai proses kenaikan jabatan, serta 3 kendala yang umum dihadapi bagi para tenaga/pegiat akademik dalam proses kenaikan jabatan akademik termasuk “syarat-rukun” kenaikan jabatan per-tingkatnya mulai dari Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala, hingga Profesor.

Selain itu, Prof. Dr. H. Abad Badruzzaman, Lc., M.Ag membagikan tips agar tulisan Jurnal dapat memberikan point untuk kenaikan jabatan. “Selain komitmen, usahakan dalam menulis itu harus linier, rumpun apa, sehingga syarat minimal terpenuhi.. jika tidak linier kalaupun dinilai pasti sangat minimal” ungkapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dr. H. Ibdalsyah, M.A., selaku Wakil Direktur Bidang Sumberdaya, Kerjasama, dan Dakwah Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor, Dr. H. Abas Mansur Tamam, Lc., M.A., selaku Ketua Program Magister Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor, serta Dr. Hj. Imas Kania Rahman, M.Pd.I., selaku Sekretaris Program Magister Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, Program Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor dapat terus berkembang ke arah yang semakin baik dan memberikan kontribusi untuk Universitas Ibn Khaldun Bogor dalam pendidikan maupun pengabdiannya untuk kemaslahatan umat. Aamiin Allahuma Aamiin.

.

Reporter dan Redaktur : Whisnu Bagaskara


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *